Senin, 30 Juni 2014

Andaikan Ini Ramadhan Terakhirku




Presented by Kareen el-Qalamy




            Tidak terasa satu tahun sudah berlalu. Tidak terasa juga saatnya perjumpaan dengan bulang mulia sudah dekat. Oh....pastinya sangat banyak dosa-dosa yang telah kuperbuat selama satu tahun. Saatnya momen pensucian hati dilakukan.
            Namun apa yang sekiranya sudah kupersiapkan untuk menyambut kedatangan Ramadhan. Malah terkadang terbersit dalam hati,” Kok cepet ya mau puasa lagi”. Seolah-olah tidak adanya antusias atau malah merasa sedih, susah ketika bertemu dengan Ramadhan. Ya Allah...ada apa dengan diri ini? Adakah yang salah dengan diri ini? Salah satu ciri orang mukmin adalah bersuka cita ketika Ramadhan kembali menyapa. Apakah diri ini terlalu menyibukkan diri dengan urusan duniawi? Lantas untuk memenuhi kebutuhan ukhrawi pun dirasa berat.
            Ingin rasanya diri segera sadar dan bangkit. Bangkit untuk menumbuhkan spirit Ramadhan yang pernah hadir di tahun-ahun yang lalu. Ramadhan tahun lalu yang tentu sangat berbeda kondisinya dengan Ramadhan tahun ini. Dimana tahun ini banyak sekali kenikmatan yang aku dapatkan dari-Mu ya Rabb. Tetapi mengapa kenikmatan-kenikmatan yang aku dapatkan yang seharusnya bisa membuat aku lebih dekat kepada-Mu, lebih khusyuk dalam bermunajat kepada-Mu, tetapi malah membuatku lalai. Bahkan untuk menyambut Ramadhan pun hanya dengan perasaan biasa-biasa saja.
            Ya Rabb...semoga ini bisa menjadi tamparan telak buatku. Untuk segera sadar dari buaian nikmat dunia. Sudah saatnya aku kembali menyirami jiwaku yang gersang dengan memperbanyak amalan ibadah dan nikmatnya memperoleh ampunan-Mu. Walaupun Ramadhan ini Engkau masih mentakdirkanku untuk sendiri, semoga itu tidak mengurangi ghirahku untuk bersegera menyambut rahmat dan ampunan-Mu..
            Andaikan ini Ramadhan terakhirku.... Izinkan aku untuk mempersembahkan segalanya yang terbaik untuk-Mu. Do’a-do’a yang terbaik. Ibadah yang terbaik, amalan terbaik, interaksi sosial yang baik dengan orang-orang yang aku cintai dan aku sayangi. Izinkan aku untuk bisa membanggakan orang tuaku di momen spesial ini. Karena bisa jadi Ramadhan ini menjadi Ramadhan terakhirku...Maafkan atas segala salah dan dosa yang pernah kuperbuat. Jikalau memang benar ini Ramadhan terakhirku, maka izinkan menjadi Ramadhan terindah dalam hidupku. Aamiin ya Rabb..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar