Sabtu, 30 Maret 2013

Indahnya Ukhuwah


Presented by Kareen el-Qalamy


Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak bisa terlepas dari bantuan manusia lain. Mustahil jika manusia bisa hidup sendiri tanpa campur tangan dari manusia lain-walaupun sekarang marak tren hidup bersifat individualisme, terutama di kota-kota besar-namun tetap saja manusia tetap membutuhkan yang namanya interaksi dengan yang lainnya.
            Apalagi bagi kita yang hidup di alam Indonesia, yang notabene terkenal akan keanekaragaman budaya, bahasa, agama, suku dan ras. Semuanya terikat menjadi satu dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika. Padahal jelas-jelas banyak sekali perbedaan. Namun perbedaan itu bukannya menjadikan kita saling bermusuhan, tetapi justru semakin menambah jalinan persatuan dan kesatuan di negeri ini. Oleh sebab itu jangan mudah terprovokasi hanya karena alasan perbedaan yang ada.
            Walaupun berbeda, tetapi antar satu dengan yang lain masih ada kesamaan, yaitu sama-sama senasib sepenanggungan pernah dijajah dan memperjuangan kemerdekaan ini bersama-sama. Sebenarnya ada satu lagi ikatan yang sangat kuat yaitu ikatan aqidah-apalagi Indonesia dengan mayoritas muslim terbesarnya-harapannya bisa saling mendukung demi tercapainya tatanan kehidupan yang bernafaskan Islam.
            Munculnya berbagai gerakan dan ormas Islam seharusnya dapat saling melengkapi satu sama lain karena sarana untuk mencapai tujuan memanglah bervariasi. Oleh sebab itu ikatan ukhuwah Islamiyah harus semakin kuat dan kokoh. Sudah tidak jamannya lagi berselisih satu sama lain, namun sudah saatnyalah kita bahu-membahu bersama-sama menghadapi fitnah eksternal yang semakin memperburuk kondisi umat Islam. Hal ini terutama dalam hal menghadapi Ghazwul Fikri yang memang sengaja dihembuskan oleh Barat yang memang tidak akan pernah ridha jika Islam kembali berjaya. So, keep ukhuwah !!!

1 komentar: