Senin, 31 Desember 2012

Refleksi Akhir Tahun


Presented by Kareen el-Qalamy


Malam tahun baru, enaknya ngapain ya??? Pertanyaan seperti itu pasti muncul di benak kita. Apalagi bagi mereka yang ngakunya masih muda alias remaja (hayo yang merasa masih muda). Kumpul bersama orang-orang yang kita sayangi, tentu menjadi anugerah terindah yang pernah kumiliki(lho kok malah jadi nyanyi?).
            Seperti itulah dunia muda, dunia remaja yang notabene darahnya masih darah muda (emang darah mengenal usia juga ya?) Identik dengan hal-hal yang sifatnya senang-senang dan foya-foya (betul gak sih?) Dan hal-hal yang sifatnya demikian tidak jauh juga dengan hal-hal yang sifatnya kesia-siaan(wah,bisa bahaya nih)
            Namun bagi remaja atau pemuda Islam, tentu punya cara lain untuk menyambut momen akhir tahun. Mereka berani tampil beda tapi tetap syar’i. Tidak mudah terbawa arus tren atau budaya barat yang memang sengaja musuh-musuh Islam hembuskan agar generasi pemuda Islam kehilangan jati diri mereka sebagai muslim. Berusaha untuk menjauhkan pemuda Islam dari Al-Qur’an dan As-Sunnah.
            Memang sekarang ini umat Islam sedang dikepung dan diserang dari segala aspek kehidupan. Diibaratkan seperti seonggok daging di tengah-tengah pemangsa binatang buas yang siap menerkam dari manapun. Langkah yang benar-benar jitu salah satunya yaitu dengan tetap berpegang teguh akan Al-Qur’an dan As-Sunnah. Menjadikan dua hal ini sebagai landasan dan pedoman hidup.
Biarlah mereka mau berkata apa. Biarlah anjing menggonggong kafilah tetap berlalu. Bermacam-macam statement mereka lontarkan dengan sengaja agar merusak citra Islam sendiri. Fundamentalis, liberal, teroris, jadul, ketinggalan jaman,gak gaul dll. Terkadang itulah yang membuat ciut nyali pemuda Islam hanya karena mendengar istilah itu. Sehingga mereka sedikit demi sedikit tanpa disadari melepaskan identitas sebagai muslim lantas dengan bangganya menjunjung tinggi nilai kebarat-baratan. Yang jelas-jelas sistem Barat sudah mulai terlihat dampak buruknya bagi kelangsungan hidup umat manusia.
Mumpung masih di penghujung tahun dan akan memasuki hari-hari pertama di tahun 2013. Tidak ada salahnya kita bersama-sama menggunakan momen ini sebagai ajang instrospeksi diri, bermuhasabah, kira-kira apa yang telah kita berikan terhadap Islam. Ingatlah janji Allah, siapapun yang menolong agama Allah, maka Allah akan menolong urusannya. Apakah itu belum cukup menggiurkan?
Selain bermuhasabah, mulai mempersiapkan daftar hal-hal apa sajakah yang mau kita capai. Tentu berlandaskan keikhlasan dan mencari ridho-Nya. Sekaligus niat dalam rangka ibadah kepada-Nya. Dan bermuara kepada kembali tegaknya kalimat Allah di muka bumi ini. Cahaya Islam kembali bersinar seperti dulu kala ketika kejayaan Islam masih digenggaman. Berusaha untuk mewujudkan kembali prestasi yang telah diraih oleh para pendahulu kita. Mari di tahun baru diiringi dengan semangat baru, luruskan niat, kuatkan ukhuwah dalam kebersamaan dan tingkatkan kapabilitas serta kafaah di segala bidang. Dunia merindukan sosok-sosok muslim negarawan, yang hadir dengan membawa obat penawar bagi kondisi bangsa ini khususnya sekaligus dunia ini umumnya.

2 komentar: