Senin, 08 Oktober 2012

Pemanfaatan Literatur Islam


Presented by Kareen el-Qalamy

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi nampaknya sudah tidak bisa terbendung lagi. Lihat saja kemajuan yang ada memang menunjukkan hasil yang sangat signifikan apabila dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu. Perbedaan jarak, adanya batas wilayah dan negara sudah tidak bisa menghalangi berbagai informasi yang berkembang.
            Hal tersebut tentu menimbulkan dampak, baik itu dampak positif maupun negatif. Dampak negatif atau positif yang ditimbulkan tentu sangat bergantung bagaimana kira-kira masyarakat memanfaatkan kemajuan alat komunikasi dan informasi yang ada. Apabila kecanggihan teeknologi komunikasi dan informasi itu dipergunakan dalam rangka hal-hal yang bermanfaat maka akan membawa dampak positif, begitu juga sebaliknya.
            Bagi umat Islam sendiri kemajuan teknologi komunikasi dan informasi tersebut dapat menjadi peluang sebagai sarana untuk menyebarluaskan ajaran Islam yang mulia ini, dengan lebih efektif dan efisien. Mengapa tidak, dengan perantara teknologi,  siapapun, kapanpun dan dimanapun bisa mengakses ilmu-ilmu pengetahuan agama Islam tanpa perlu susah payah. Sangat berbeda jika dibandingkan dengan kondisi umat Islam beberapa abad yang lalu dimana harus menempuh perjalanan berkilo-kilo meter demi bertholabul ilmi.
            Pemanfaatan kecanggihan teknologi tersebut bagi umat Islam harus dioptimalkan sebaik-baiknya. Salah satunya dengan membuat sumber literatur islam. Karena dengan adanya literatur islam semua inti ajaran agama bisa diperoreh dengan mudah, cepat dan simpel. Sekaligus dapat digunakan sebagai sarana untuk mengembalikan citra Islam yang selama ini terkenal kejam dan anarkis. Melalui literatur islamlah upaya-upaya pembelaan terhadap Islam dapat dilakukan oleh umat Islam sendiri. Bahwasannya apapun yang dituduhkan terhadap Islam semuanya itu adalah salah besar. Oleh sebab itu diperlukan adanya beberapa kaum muslimin yang memang benar-benar menguasai dunia literatur islam, sehingga dakwah Islam akan semakin masiv tentunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar