Senin, 14 November 2011

Menengok Turnamen Sea Games

By : Kareen el-Qalamy

Setiap orang mempunyai bakatnya masing-masing. Ada yang ahli atau bakat di bidang tertentu. Atau ada yang memiliki keahlian yang lebih dari satu bidang biasa disebut dengan multitalenta. Namun terkadang bakat yang dimiliki belum tersalurkan secara maksimal. Bahkan bakat yang ada malah dipendam begitu saja.
Banyak alasan mengapa orang berbakat di bidang tertentu terkadang tidak mau menyalurkan keahliannya itu. Mungkin karena tidak adanya kegiatan yang cocok yang sekiranya bisa memfasilitasi tersalurkannya bakat atau keahlian tertentu. Dari sekian banyak bidang keahlian pasti mempunyai peminatnya masing-masing.
Salah satunya di bidang olah raga. Bidang yang satu ini mempunyai peminat yang unik. Peminat bidang olahragaa pasti didominasi oleh kaum Adam. Entah mengapa, mungkin olahraga mempunyai daya tarik tersendiri bagi para lelaki untuk bergelut di dalamnya. Namun jangan salah, walaupun didominasi oleh laki-laki tidak menutup kemungkinan kaum Hawa juga tidak sedikit yang terjun di dalamnya. Buktinya banyak atlet olahraga berjenis kelamin perempuan.
Salah satunya Indonesia. Indonesia memiliki segudang atlet berprestasi. Banyak diantara mereka yang telah berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia internasional. Karena berhasil menjuarai berbagai macam event sekaligus membawa pulang medali baik itu emas, perak atau perunggu. Baik itu perempuan maupun laki-laki bersaing untuk membuktikan kemampuan mereka.
Perjuangan mereka patut diacungi jempol. Atas kerja keras mereka Indonesia layak bersanding atau disejajarkan dengan negara-negara yang notabene maju. Jangan sampai negara lain menganggap remeh kemampuan yang dimiliki bangsa Indonesia. Indonesia yang selama ini dikenal dengan peringkat-peringkatnya yang negatif, sudah selayaknya mulai dari sekarang menghapus image tersebut. Berusaha meyakinkan kepada masyarakat internasional bahwa Indonesia bisa meraih prestasi salah satunya melalui cabang olahraga.
Para atlet membutuhkan suatu kejuaraan atau perlombaan yang bertujuan untuk menyalurkan bakat dan minat mereka di bidang olahraga. Karena dengan adanya kejuaraan yang digelar sangat bermanfaat mengasah kemampuan dan keahlian yang dimiliki. Karena bakat atau kemampuan yang dimiliki bisa diibaratkan pisau, jika tidah pernah diasah lama-lama akan tumpul juga. Oleh sebab itu banyak turnamen baik itu yang diadakan di dalam negeri maupun di luar negeri.
Di dalam negeri sendiri pun banyak sekali turnamen yang diadakan. Bahkan di setiap cabang olahraga ada. Namuan selama ini yang lebih familiar di tunamen olahraga yaitu cabang bulu tangkis dan sepak bola. Memang Indonesia mentargetkan memajukan dunia sepak bola. Sepak bola Indonesia yang dari dulu dikenal belum bisa menjuarai perlombaan internasional, maka dari itu berawal dari banyaknya perlombaan yang diadakan di dalam negeri sendiri akan melatih kesiapan dari para pemain khususnya kesiapan mental.
Sekarang perhelatan akbar telah dimulai. Ajang bergengsi di bidang olahraga dan diikuti oleh perwakilan di setiap negara-negara Asia Tenggara. Sungguh momen yang sangat langka. Berbagai macam cabang olahraga ada di sana. Mulai dari cabang olahraga yang terkenal yaitu sepak bola sampai cabang atletik.
Seakan tidak mau ketinggalan dengan mengikuti ajang bergengsi tersebut. Tentu banyak sekali persiapan yang harus dilakukan. Persiapan yang paling utamaa bagi seorang atlet adalah dengan memperbanyak latihan. Bagi Indonesia sendiri seakan timbul kesan istmewa di Sea Games yang ke-26 tahun ini karena dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggara event tersebut. Sebagai tuan rumah tentu banyak sekali hal-hal yang harus dipersiapkan. Diantaranya sarana dan prasarana, fasilitas yang layak tentunya bagi tamu-tamu dari luar negeri dan masih banyak lagi.
Namun dilihat dari kesiapan Indonesia untuk menyambut Sea Games perlu dimantapkan lagi. Sea Games yang dilaksanakan di Palembang, Sumatra Selatan ini harus all out dari segi persiapan mulai dari sebelum acara dimulai sampai dengan berakhirnya acara. Berhubung Indonesia sebagai tuan rumah dan kedatangan tamu-tamu istimewa mau tidak mau nama baik Indonesia dipertaruhkan. Karena moment seperti ini sekaligus untuk memperkenalkan kepada dunia Internasional sebagai ajang promosi akan keindahan alam yang dimiliki.
Tentu persiapan yang dilakukan sangat membutuhkan waktu yang lama. Karena tahu sendiri kondisi lingkungan di sebagian kota-kota besar yang ada di Indonesia. Terutama mengenai kemacetan yang terjadi di sepanjang ruas jalan raya. Ini juga mengganggu kenyamanan para tamu peserta Sea Games. Tidak hanya menjadi tuan rumah tetapi juga harus bisa merebut medali emas.
Pelayanan yang nyaman dan ramah, fasilitas yang memadai dan keamanan yang terjamin. Namun apabila tidak dipertimbangkan dan dipersiapkan dengan matang bisa menjadi bumerang bagi si tuan rumah sendiri dan sekaligus menimbulkan rasa malu. Karena di situlah nama baik Indonesia dan kepercayaan dunia terhadap Indonesia dipertaruhkan. Dengan adanya Sea Games yang bertempat di Indonesia semoga menjadi pembelajaran dan pengalaman paling berharga bagi masyarakat dan pemerintah tentunya agar di tahun-tahun yang akan datang Indonesia bisa memperoleh kepercayaan kembali, bahwa Indonesia pantas sebagai tuan rumah turnamen bergengsi kelas dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar