Rabu, 08 Desember 2010

Mirisnya Dunia Pendidikan Kita

Presented by Kareen el-Qalamy

Mengamati pendidikan di Indonesia beserta segala permasalahan yang melingkupinya memang tidak ada habis-habisnya. Indonesia yang dulu dijadikan acuan bagi negara tetangga, Malaysia khususnya mengakui keunggulan kualitas pendidikan di Indonesia. Terbukti dengan dikirimkannya beberapa tenaga pengajar untuk belajar di Indonesia. Namun sekarang keadaanya sudah berbalik 1800. Indonesia sudah jauh tertinggal dengan negara tetangga dalam segi pendidikan tentunya.
Entah apa yang mempengaruhi. Banyak sekali faktor yang menyebabkan hal itu. Kita tidak serta merta mengkambinghitamkan pemerintah , walaupun dalam kenyataannya pemerintah juga tidak bisa lepas tangan begitu saja. Permasalahan pendidikan sekarang ini tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja untuk menyelesaikan mencari solusi terbaik demi perbaikkan. Namun masyarakat juga mau tidak mau harus terlibat di dalamnya.
Peran pemerintah dalam pendidikan sangatlah besar. Terutama dalam hal membentuk dan menentukan sistem pendidikan seperti apa yang akan diberlakukan di Indonesia. Sistem yang akan diberlakukan tentunya melalui beberapa pertimbangan matang dan akurat, dilihat dari landasan psikologis, landasan sosial budaya, landasan, landasan ilmu dan teknologi dan landasan filosofis. Dimana sistem pendidikan itulah yang akan mengantarkan bangsa ini menuju keberhasilan sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia yang tercantum di dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 alenia ke-empat. Salah satunya adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.
Untuk sementara ini apabila dicermati sistem pendidikan yang ada belumlah sesuai dan belum terbukti keunggulannya untuk mengatasi berbagai problem yang ada. Malah system yang ada menjadi problem tersendiri di dunia pendidikan negara ini. Salah satu system pendidikan yaitu mengenai masalah kurikulum. Permasalahannya kurikulum yang diberlakukan masih sering ganti-ganti, belum ditetapkan secara pasti sekiranya kurikulum seperti apa yang pantas bagi iklim pendidikan di Indonesia.
Selain system pendidikannya yang masih perlu banyak perbaikkan, orang-orang yang berkecimpung di dunia pendidikanpun perlu dibenahi juga. Terutama perbaiikan di bidang akhlak. Jadi mereka-mereka yang terjun langsung khususnya para pendidik tentunya harus memiliki akhlak yang baik terlebih dahulu sebelum mengajarkan ke peserta didik. Karena peserta didik itu akan meniru apa-apa yang ada di pendidik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar