Jumat, 03 Mei 2013

Bongkar, Terobos, Menang


Presented by Kareen el-Qalamy



Darah muda, darahnya para remaja.
            Begitulah isi dari salah satu bait lagu yang sempat booming pada masanya. Seakan-akan dibahasakan secara tersirat pun sudah mengidentifikasikan inti yang ingin disampaikan oleh pengarang lagu bagi penggemarnya. Bait ini mengkisahkan tentang pemuda.
            Pemuda yang identik dengan semangat membaranya. Tingginya antusiasme menyebabkan golongan pemuda tidak mau ketinggalan peluang. Selalu ingin mengambil peran di dalamnya. Sejarah sudah membuktikan bagaimana sepak terjang pemuda memang sangatlah ampuh.
            Perkembangan Islam dari zaman Rosulullah tidak memungkiri adanya peran pemuda. Bergantinya metode dakwah yang semula memakai metode sembunyi-sembunyi lantas berubah menjadi secara terang-terangan dikarenakan salah seorang sahabat masuk Islam. Dialah Umar bin Khotob yang termasuk salah satu dari pemuda Quraisy saat itu.
            Juga ketika zaman Khulafaur Rasyidin. Saat Islam memasuki era ekspansi. Di sana muncul sosok-sosok panglima perang yang notabene masih dalam kategori pemuda, diantaranya Khalid bin Walid, Salman al-Farisi dll. Melalui tangan-tangan merekalah Islam dapat tersebar seantero jagad, dari belahan bumi timur ke barat.
            Peristiwa yang tidak jauh berbeda berkaitan dengan sumbangsih pemuda yaitu terkaait sejarah kemerdekaan Indonesia. Munculnya golongan muda - walaupun sempat terjadi ketegangan dengan golongan tua – sejak pengawalan persiapan kemerdekaan sampai pembacaan proklamasi tetap diberikan apresiasi.
            Oleh sebab itu generasi muda sekarang sudah selayaknya patut berbangga dan bersyukur memiliki pendahulu yang keren. Akan lebih mengena jika semangat para pendahulu dapat diwarisi oleh generasi muda sekarang. Semangat pantang menyerah, optimis dan berani menjadi ikon selama ini. Wajar jika pemuda disebut-sebut sebagai agent of change karena di tangan pemudalah perubahan - perubahan besar terjadi. So Bongkar, Terobos, Menang!!!.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar